Hidangan Tradisional Unik Ghana

29 Hidangan Tradisional Unik GhanaHidangan Tradisional Unik Ghana, Ada banyak yg bisa dipelajari dari sekelompok orang dengan cara mereka menyatukan sajian mereka. Bahan, cara masak, dan proses memasak yang mereka miliki merupakan keahlian kuliner yang memperlihatkan tradisi, kebiasaan, dan keyakinan yang unik.

Dengan demikian, mengalami dan bereksperimen dengan sajian tradisional lokal juga memberikan pendidikan budaya. sajian tradisional Ghana ditandai oleh distribusi tanaman pangan. Dengan keunggulan produk tropis seperti jagung, kacang-kacangan, millet, pisang raja dan singkong.

Sebagian besar kelompok etnis secara kreatif menggunakan bahan sajian ini untuk membuat hidangan lezat untuk sajian mereka. Di bawah ini adalah beberapa Hidangan Tradisional Unik Ghana untuk memperkenalkan Anda pada ruang lingkup sajian lokal Ghana. Baca juga: Menu Sambal Indonesia Terpopuler

Hidangan Tradisional Unik Ghana

Nasi empuk

Berasal dari Senegal, Makanan adalah hidangan nasi yg di makan  dengan saus tomat dan  daging atau ikan yg menarik. Nasi menyerap rasa berair dan berubah menjadi oranye saat memasak, dan merupakan favorit nasional yg bisa ditemukan di sebagian besar restoran atau dihidangkan oleh pedagang kaki lima dengan harga terjangkau.

Jollof Rice merupakan makanan populer yang ada di daerah Afrika Barat. Sajian ini berbahan utama nasi dan tomat yg dihidangkan dengan daging sapi atau kambing, meskipun kini banyak juga eksperimen baru yg memilih daging ayam atau kalkun sebagai pelengkap.

Tampilan nasi berwarna oranye-nya yg khas bikin lidah siapapun pengen icip-icip hidangan yg satu ini. Nasi Jollof bisa kamu temukan di restoran maupun warung pinggir jalan, dengan harga yg cukup terjangkau pastinya.

Waakye

Waakye adalah sajian lain yg menunjukkan pemakaian kreatif dari bahan beras oleh orang Ghana. Resepnya adalah medley kacang-kacangan dan nasi dan pada awalnya merupakan hidangan utara, tetapi sekarang bisa ditemukan hampir di mana-mana di jalan-jalan Accra. Makan Waakye akan membuka pintu ke berbagai rasa dan rasa Ghana sebagai makanan utama disajikan dengan sisi lain seperti pisang goreng, garri (parutan singkong), spageti dan alpukat.

Sama seperti Indonesia, Ghana juga enggak bisa jauh dari yg namanya nasi. Selain nasi Jollof yg nyummy, Ghana juga punya Waakye yg rasanya enggak kalah maknyus!

Uniknya, sajian dengan bahan utama beras dan kacang ini dimasak tanpa aneka macam rempah-rempah lho. Kamu bisa menjumpai Waakye di sepanjang jalan-jalan di Ghana tepatnya di kawasan Accra. Waakye biasanya ditemani dengan sajian pelengkap seperti daging, alpukat, sayur, telur, garri (parutan singkong).

Banku dan nila

Ketika Anda melihat ikan dipanggang di jalan-jalan di Accra, itu kemungkinan besar adalah nila, sajian lezat di antara warga Ghana, yg membumbui kemudian memanggang ikan air tawar yg segar. Ini melengkapi banku, campuran selatan dari adonan jagung dan singkong yg difermentasi, dan lada yg sangat panas, tomat dan bawang yg dipotong dadu. Banku adalah salah satu Hidangan Tradisional Unik Ghana utama dari orang-orang yg tinggal di pantai Ghana.

Merah-merah

Merah-merah adalah hidangan tradisional yg terdiri dari kacang tunggak yg direbus untuk membuat kaldu. Disajikan dengan minyak kelapa sawit dan pisang goreng yg lembut. Ini adalah salah satu hidangan Ghana yg tidak menggunakan banyak bumbu karena rasa utamanya berasal dari bahan-bahan yg disajikan juga bisa dihidangkan dengan garri untuk membuatnya lebih hangat. Merah-merah juga merupakan pilihan yg sempurna untuk vegetarian karena tidak ada produk hewani yg digunakan.

Nah, sajian khas tradisional Ghana yg terakhir adalah Merah-merah. Merah-merah ini berbahan dasar kacang polong hitam dan dimasak dengan minyak kelapa. Kacang yg sudah dimasak disajikan dengan lembutnya tekstur pisang raja goreng.

Merah-merah masuk dalam kategori hidangan khas Ghana yg enggak menggunakan banyak rempah-rempah. Sajian yg satu ini juga pas buat kamu si vegetarian karena enggak ada unsur hewani di dalamnya.

Fufu dan sup kambing ringan

Di wilayah Timur dan Ashanti di Ghana, satu hidangan yg dijamin berhasil adalah fufu dan sup ringan kambing, hidangan bangga dari Akan. Fufu adalah sajian pokok di seluruh Afrika Barat tetapi di Ghana.  Fufu di bikin dengan menumbuk campuran singkong rebus dan pisang raja menjadi pasta lengket lembut untuk pergi bersama dengan sup tomat aromatik dan pedas. Dan Fufu juga ada di Ghana Utara, walaupun  di bikin dari bahan dasar ubi di wilayah ini. Maknana ini di nikmati di setiap penjuru negeri walaupun setiap wilayah memiliki sedikit perbedaan pada bahan-bahan yang di pakai.

Tuo Zaafi

sajian Ghana utara didominasi oleh pemakaian biji-bijian, bumbu dan daging karena ini adalah produk sajian utama daerah tersebut. Tuo Zaafi sama dengan banku, walaupun lebihlunak dan tidak terlalu lengket, dan di proses dengan mengolah adonan jagung dan menambahkan sedikit singkong.Yang menjadi perbedaan antara Tuo Zaafi menjadi makanan populer yang memiliki banyak gizi karena terdapat daun ayoyo dan dawadawa.

Kenkey dan ikan goreng

Kenkey adalah bahan pokok lain berbasis jagung yg mirip dengan banku, yg di bikin dengan mencetak adonan jagung yg difermentasi menjadi bola-bola dan membungkusnya di sekitar pengeringan daun jagung, yg kemudian direbus. Sajian disajikan dengan saus lada, kepiting goreng, gurita atau ikan dan merupakan kelezatan dari orang-orang Accran.

Kelewele

Tidak ada daftar sajian tradisional Ghana yg lengkap tanpa lauk gurih ini. Kelewele adalah favorit instan di antara siapa saja yg mencobanya, bahkan mereka yg bukan penggemar berat sajian pedas. Biasanya dijual sebagai sajian ringan atau lauk di seluruh Accra. Kelewele di bikin dengan menggoreng pisang raja lembut yg telah direndam dalam campuran paprika, jahe dan bawang putih. Dengan aromanya yang kuat, dan memiliki kerenyahan, pisang raja tersebut akan memiliki sedikit rasa asam yang cocok dengan rasa manisnya.

Omo tuo

Omo Tuo (atau nasi) adalah sajian tradisional Ghana lainnya yg menunjukkan bagaimana penduduk sering menemukan kembali berbagai cara makan nasi. Ini terdiri dari butiran rebus lunak yg dibentuk menjadi bola dan disajikan dengan berbagai sup. Dan membuat iringan yg hebat untuk banyak hidangan seperti fufu.

sajian kelima ada hidangan yg lagi-lagi terbuat dari nasi yakni Omo Tuo. Omo Tuo ini punya nama lain “Rice ball” karena bentuknya bulat yg menyerupai bola. Omo Tuo begitu khas dengan tekstur nasinya yg lembut. Hidangan ini makin mantap untuk disantap karena disajikan dengan berbagai pilihan sup yg siap bikin lidah bergoyang.

Ubi rebus atau pisang raja dengan rebusan Kontomire

Salah satu fitur yg ada dalam sajian lokal Ghana adalah pemakaian berbagai sayuran daun dan rempah-rempah lokal. Rebusan Kontomire yg sangat bergizi terbuat dari daun cocoyam rebus, ikan asin, dan telur rebus, dan cocok dengan ubi rebus, pisang raja, dan alpukat.